Jumat, 14 Oktober 2016

Membuat Gambar Rumah Sederhana Menggunakan java.awt

Tugas Grafika Komputer kali ini adalah membuat gambar rumah sederhana menggunakan pemrograman Java  Netbeans (java.awt).. Gambarnya seperti berikut :


Langkah - langkahnya adalah :
1. Buka program Netbeans
2. Buat New Project dan beri nama sesuai yang diinginkan (dalam project ini saya beri nama rumahpika)
3. Setelah halaman project terbuka, copy coding di bawah ini dan paste ke halaman project yang sudah terbuka tapi jangan lupa sesuaikan nama package dan classnya..

Berikut adalah codingnya :

package rumahpika;

import java.awt.Color;
import java.awt.Graphics;
import javax.swing.JFrame;
import javax.swing.JPanel;

public class Rumahpika extends JPanel{
    
    public void paint(Graphics g) {

//coding untuk membuat tembok rumah
g.setColor(Color.red);
int  atasbawah1= 0;
    while (atasbawah1 <=100){
        g.fillRect(100 , 100+atasbawah1, 5, 5);
        atasbawah1++; }
g.setColor(Color.yellow);
int  atasbawah2= 0;
    while (atasbawah2 <=100){
        g.fillRect(300 , 100+atasbawah2, 5, 5);
        atasbawah2++; }
g.setColor(Color.blue);
int kirikanan1 = 0;
    while (kirikanan1 <=200){
        g.fillRect(100+kirikanan1 , 200, 5, 5);
        kirikanan1++; }
g.setColor(Color.cyan);
    int kirikanan2 = 0;
    while (kirikanan2 <=200){
        g.fillRect(100 +kirikanan2, 100, 5, 5);
        kirikanan2++; }
 //coding untuk membuat atap   
g.setColor(Color.black);
    int atap1 = 0;
    while (atap1 <=100){
        g.fillRect(200-atap1, 0+atap1, 5, 5);
        atap1++; }
g.setColor(Color.green);
    int atap2 = 0;
    while (atap2 <=100){
        g.fillRect(200+atap2, 0+atap2, 5, 5);
        atap2++; }
//coding untuk membuat jendela      
g.setColor(Color.blue);
    int jendela1 = 0;
    while (jendela1 <=30){
        g.fillRect(120, 140+jendela1, 5, 5);
        jendela1++; }
g.setColor(Color.ORANGE);
    int jendela2 = 0;
    while (jendela2 <=30){
        g.fillRect(150, 140+jendela2, 5, 5);
        jendela2++; }
g.setColor(Color.lightGray);
    int jendela3 = 0;
    while (jendela3 <=30){
        g.fillRect(120+jendela3, 140, 5, 5);
        jendela3++; }
g.setColor(Color.MAGENTA);
    int jendela4 = 0;
    while (jendela4 <=30){
    g.fillRect(120+jendela4, 170, 5, 5);
    jendela4++; }
//coding untuk membuat pintu      
g.setColor(Color.MAGENTA);
    int pintu1 = 0;
    while (pintu1 <=60){
    g.fillRect(185+pintu1, 130, 5, 5);
    pintu1++; }
g.setColor(Color.PINK);
    int pintu2 = 0;
    while (pintu2 <=70){
    g.fillRect(185, 130+pintu2, 5, 5);
    pintu2++; }
g.setColor(Color.PINK);
    int pintu3 = 0;
    while (pintu3 <=70){
    g.fillRect(245, 130+pintu3, 5, 5);
    pintu3++; }
g.setColor(Color.black);
    int pintu4 = 0;
    while (pintu4 <=1){
    g.fillRect(186, 165+pintu4, 10, 10);
    pintu4++; }
// untuk membuat garis putus-putus yang ada ditengah atap
g.setColor(Color.ORANGE);
int  titik1= 0;
    while (titik1 <=10){
        g.fillRect(200 , 10+titik1, 3, 3);
        titik1++; }
g.setColor(Color.GREEN);
int  titik2= 0;
    while (titik2 <=10){
        g.fillRect(200 , 30+titik2, 3, 3);
        titik2++; }
g.setColor(Color.CYAN);
int  titik3= 0;
    while (titik3 <=10){
        g.fillRect(200 , 50+titik3, 3, 3);
        titik3++; }
g.setColor(Color.BLUE);
int  titik4= 0;
    while (titik4 <=10){
        g.fillRect(200 , 70+titik4, 3, 3);
        titik4++; }
g.setColor(Color.MAGENTA);
int  titik5= 0;
    while (titik5 <=10){
        g.fillRect(200 , 90+titik5, 3, 3);
        titik5++; }
    }
    public static void main(String[] args) {
    JFrame frame = new JFrame();
    frame.getContentPane().add(new Rumahpika());

    frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
    frame.setSize(200,200);
    frame.setVisible(true);
  }
}


Dan output dari coding di atas adalah seperti berikut :




Sekian gambar rumah sederhana menggunakan Java Netbeans (java.awt) yang saya buat..
Silahkan dicoba dan modifikasi sendiri codingnyaaaaa..... :)



By : Anita P. Angelina / 13110275

0 komentar :

Posting Komentar