Kamis, 08 Desember 2016

MEMBUAT ANIMASI MENGGUNAKAN JAVA NETBEANS - UAS GRAFIKA KOMPUTER

Project kali ini adalah membuat animasi menggunakan Pemrograman Java Netbeans..
Project ini sebagai syarat lulus ujian UAS Grafika Komputer.
Dan animasi yang saya buat adalah animasi bentuk Bandul atau Pendulum.

Codingnya adalah seperti berikut :

package bandul_pika;
import java.applet.Applet;
import java.awt.Color;
import java.awt.Font;
import java.awt.Graphics;
import java.awt.Graphics2D;
import java.awt.RenderingHints;
import javax.swing.JFrame;

public class Bandul_pika extends Applet implements Runnable {
double x,y,z,w, waktu=2, waktu1=3.28;
int terang;

public void init ()
{
        this.setSize(600, 600);
    }
    public void start()
    {
        Thread a = new Thread(this);
        a.start();
    }
    public void run()
    {
        while (true)
        {
            while (waktu<=3)
            {
                waktu+=0.02;
                hitung ();
                repaint ();
               
                try {
                    Thread.sleep(10);
                }catch (Exception e) {
                    System.out.print(e);
                }
                }
            while(waktu1<=4.28)
            {
                waktu1+=0.02;
                hitung();
                 repaint ();
               
                try {
                    Thread.sleep(10);
                }catch (Exception e) {
                    System.out.print(e);
                }
                }
             while(waktu1>=3.28)
            {
                waktu1-=0.02;
                hitung();
                 repaint ();
               
                try {
                    Thread.sleep(50);
                }catch (Exception e) {
                    System.out.print(e);
            }
            }
             while(waktu>=2)
            {
                waktu-=0.02;
                hitung();
                 repaint ();
               
                try {
                    Thread.sleep(50);
                }catch (Exception e) {
                    System.out.print(e);
        }
}}}
    public void hitung() {
        y=Math.cos(waktu) * 250;
        x=Math.sin(waktu) * 250;
        w=Math.cos(waktu1) * 250;
        z=Math.sin(waktu1) * 250;
    }
   
    public void paint(Graphics g){
        hitung();
       
        g.setColor(Color.BLUE);
        g.fillRect(50, 120, 450, 30);
        g.drawLine(270, 150, 290-(int)x, 150-(int)y);
        g.drawLine(270, 150, 255-(int)z, 150-(int)w);
        g.setColor(Color.GREEN);
        g.fillOval(260-(int)x, 150-(int)y, 50, 50);
        g.setColor(Color.RED);
        g.fillOval(240-(int)z, 150-(int)w, 50, 50);

        Graphics2D g2d = (Graphics2D) g;
        g2d.setRenderingHint(RenderingHints.KEY_ANTIALIASING, RenderingHints.VALUE_ANTIALIAS_ON);
        g2d.setRenderingHint(RenderingHints.KEY_RENDERING, RenderingHints.VALUE_RENDER_QUALITY);

        g2d.setColor(Color.PINK);
        Font font = new Font("Jokerman", Font.BOLD, 30);
        g2d.setFont(font);
        g2d.drawString("Bandul  ", 10, 50);
        g2d.drawString("Oleh : Picka Angelina", 10, 100);
        g2d.setColor(Color.MAGENTA);
        g2d.drawString("UAS Grafika Komputer  ", 10, 500);
    }
}


Berikut adalah hasil atau output program  dari coding diatas :



silahkan dicoba ....................******* :)

By : Anita Angelina / 13110275



0 komentar :

Posting Komentar