Selasa, 04 Maret 2014

Tugas Kewiraan 2



  1. Jelaskan pendapat anda tentang Wawasan Nusantara suatu bangsa!
Jawab : Wawasan Nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya sebagai negara kepulauan dengan semua aspek kehidupan yang beragam. Atau cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya, dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

  1. Menurut pemahaman anda, bagaimana Wawasan Nusantara dapat mempengaruhi hidup suatu bangsa / Negara?
Jawab : Wawasan Nusantara dapat mempengaruhi hidup suatu bangsa / Negara  dari hubungan timbal balik antara filosofi bangsa, ideologi, aspirasi serta cita-cita, kondisi sosial masyarakat, budaya tradisi, keadaan alam, wilayah serta pengalamannya.

  1. Menurut pendapat anda, apa yang dimaksud dengan paham kekuasaan perang dan damai yang dianut oleh bangsa Indonesia?
Jawab : Yang dimaksud dengan paham kekuasaan perang dan damai yang dianut oleh bangsa Indonesia adalah “Bangsa Indonesia cinta damai, akan tetapi lebih cinta kemerdekaan”. Dengan demikian wawasan nasional bangsa Indonesia tidak mengembangkan ajaran kekuasaan dan adu kekuatan karena hal tersebut mengandung persengketaan dan ekspansionisme.

  1. Menurut pendapat anda, apa yang dimaksud dengan paham kekuasaan yang telah dianut Negara Indonesia masih relevan untuk dipertahankan hingga saat ini? Jelaskan dengan lengkap alasan anda!
Jawab : Ya masih relevan untuk dipertahankan, karena Paham Bangsa Indonesia tentang kekuasaan / kekuatan bahwa Bangsa Indonesia cinta damai tetapi lebih cinta kemerdekaan.

  1. Menurut anda apakah yang dimaksud dengan kepemimpinan itu?
Jawab : Yang dimaksud dengan kepemimpinan adalah proses memengaruhi atau memberi contoh oleh pemimpin kepada pengikutnya dalam upaya mencapai tujuan organisasi.

  1. Menurut pandangan anda, apa pembinaan tentang Wawasan Nusantara di perguruan tinggi masih relevan untuk terus dilakukan? Jelaskan pendapat anda!
Jawab : Ya, relevan yaitu untuk menjaga eksistensi wawasan nusantara sebagai cara pandang bangsa Indonesia terhadap rakyat, bangsa dan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan untuk menumbuhan rasa Bela Negara (PPBN) dan rasa cinta tanah air. 

  1. Menurut pendapat anda, tantangan apa yang akan dihadapi oleh NKRI dalam mempertahankan kedaulatannya, serta kesatuannya?
Jawab : Tantangan yang akan dihadapi oleh NKRI dalam mempertahankan kedaulatan serta kesatuan  yaitu pemberdayaan rakyat yang optimal, dunia yang tanpa batas, era baru kapitalisme, dan kesadaran warga negara.


Posted by : Anita P. Angeline
NIM : 13110275
Semester : IV

0 komentar :

Posting Komentar